Hello! Myspace Comments Welcome Myspace Comments Hello! Myspace Comments Thank You Myspace Comments

Mengenai Saya

Foto saya
anak manusia yang sedang mencari kesempurnaan dibalik segala ketidaksempurnaannya

Jumat, 26 Agustus 2011

Latihan Membentuk Kebiasaan

Setiap orang sebelum menjadi dewasa, pasti pernah mengalami yang namanya masa remaja, anak-anak, dan sebelumnya sama-sama juga adalah seorang bayi. Sebelum bisa melakukan semuanya dengan mandiri, kita adalah seorang bayi yang tidak berdaya, apapun yang kita inginkan harus dibantu oleh orang lain. Dan hal2 pertama yang kita pelajari sebagai seorang bayi adalah kita mulai belajar merangkak, lalu kemudian setelah kaki2 kita menjadi lebih kuat, kita lalu belajar berjalan.



Jika sekarang kita bisa berjalan dengan begitu tegapnya, itu adalah karena usaha gigih yang telah kita lakukan semasa kita kecil, semasa kita belajar berjalan. Seorang bayi yang dulunya hanya bisa berbaring sekarang harus belajar untuk berjalan, tentunya tidak mudah bagi bayi2 ini termasuk kita sendiri untuk melewati kondisi itu. Kita berdiri, berjalan satu dua langkah, lalu terjatuh. Tapi semuanya tidak berakhir, kita terus belajar untuk bangkit dan mencoba untuk melangkah lagi, dari yang dulunya hanya bisa satu dua langkah, meningkat menjadi lima langkah, delapan langkah, dan seterusnya. Begitulah kita terus berlatih hingga akhirnya kita menjadi mahir dan tidak perlu takut terjatuh lagi (kecuali jika kita berjalan dengan sembrono dan tidak hati2.. :p).


Apa yang bisa kita tangkap dari fenomena ini? “Latihan”. Ya, latihan akan memperkokoh kita dan membuat kita menjadi terbiasa dan akhirnya mantap mencapai apa yang kita harapkan. Semua keahlian yang kita miliki sekarang adalah hasil dari latihan, kita belajar membaca dan menulis hingga akhirnya menjadi lancar seperti sekarang, kita juga belajar berbicara, berhitung, dan sebagainya. Semua itu kita peroleh dari latihan yang tekun dan giat, tanpa usaha yang sungguh2, maka semuanya hanyalah khayalan belaka. Semua akan menjadi mustahil bagi kita.



Segala sesuatu yang terus-menerus dilatih maka akan menjadi mantap, layaknya sebuah pisau yang terus diasah, maka mata pisau itu akan menjadi semakin tajam. Seorang pencuri berlatih untuk mencuri mulai dari hal2 yang kecil, pertama kali melakukan itu pasti ada rasa takut yang sangat besar. Kemudian setelah berhasil , dia mengulang lagi perbuatan itu, mencuri barang lain yang mungkin lebih berharga, lagi dan lagi sampai akhirnya ia terlatih dan menjadi pencuri yang tangkas, handal, dan profesional. Seperti itulah setiap keahlian diperoleh dari latihan. Seorang koki belajar untuk memasak mulai dari masakan yang sederhana, gagal dan mencoba lagi, mencoba lagi, hingga akhirnya mendapatkan hasil yang sempurna dalam tiap masakannya, seperti itulah buah dari latihan.



Sikap dan watak kita pun terbentuk dari kebiasaan latihan yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Seorang yang sering berkata yang tidak benar, lama-kelamaan akan menjadi pembohong yang hebat. Bahkan untuk hal2 besar pun ia berani untuk berbohong. Tetapi orang yang selalu berlatih untuk berkata jujur maka dalam setiap perkataannya akan terdapat nilai kejujuran, sangat sulit baginya untuk mengatakan hal yang tidak benar bahkan sekecil apapun itu.



Jika ada yang bilang, menjadi orang baik itu sulit, lebih mudah menjadi orang jahat. Jika ingin menjadi orang jahat tidak perlu latihan yang keras, tapi untuk menjadi orang yang baik itu butuh perjuangan. Benarkah demikian?

Semuanya tergantung kepada kebiasaan setiap orang, orang yang terbiasa berbuat jahat pasti akan menyetujui pernyataan itu, tetapi bagi mereka yang baik pasti sangat sulit untuk menjadi jahat, karna semuanya butuh latihan. Apakah anda pikir mencuri itu gampang? Coba saja menyuruh mereka yang tidak terbiasa mencuri untuk melakukan hal ini, bisa dipastikan mereka akan ketakutan sewaktu melakukan itu, dan merasa itu adalah hal yang sangat sulit dan tidak bisa mereka lakukan.

Begitulah semua pencapaian, baik itu ilmu pengetahuan, keahlian, sifat, dan watak setiap orang adalah dipengaruhi oleh kebiasaan, oleh latihan yang telah ia jalani dalam kehidupannya sehari-hari. Berlatihlah yang baik, buatlah kebiasaan2 yang baik, sehingga nantinya kita akan menjadi orang2 yang baik, yang sangat sulit untuk melakukan kejahatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berpikirlah sesuka hatimu, tapi katakanlah hanya apa yang harus kau katakan :)