Hello! Myspace Comments Welcome Myspace Comments Hello! Myspace Comments Thank You Myspace Comments

Mengenai Saya

Foto saya
anak manusia yang sedang mencari kesempurnaan dibalik segala ketidaksempurnaannya

Selasa, 19 Juli 2011

Memang!!!

Memang kebanyakan mahasiswa hanya bisa mengeluh. Mengeluh tentang dosen2nya, mengeluh tentang kampusnya yang jelek dan kotor, mengeluh tentang sistem pendidikan yang kurang baik, mengeluh tentang pemimpin yang kurang baik, mengeluh tentang banyak hal.


Memang sangat mudah melihat yang busuk2 dan jelek2 dari orang lain, tapi sulit melihat yang baiknya, apalagi kalo sejak awal yang tercermin adalah citra yang buruk. Sulit untuk mengubah.
Mahasiswa hanya bisa mengeluh, dosen ini begitu.. dosen ini begini.., tanpa bisa menyerap ilmu yang diberikan oleh sang dosen. Lupakan semuanya, dan ambil ilmunya, ambil yang baik2nya saja, tinggalkan yang jelek. Bicarakan yang baik untuk manfaat bersama.

Mahasiswa hanya bisa mencela sistem yang ada, SCL (Student Center Learning) kurang baik dan tidak efektif, dengan alasan membuat dosen menjadi acuh tak acuh dan membiarkan mahasiswa menemukan sendiri apa yang sama sekali belum mereka ketahui. Hmmm... internet menjadi salah satu sumber yang cukup diandalkan. Mahasiswa2 sekarang yang sudah pandai menggunakan komputer dan mengakses internet dengan mudah, bukannya mencari bahan kuliah. Ehhh.. malah sibuk facebookan, twitteran, YMan, dan sebagainya. Sibuk mengurusi urusan lain yang tidak bermanfaat ketimbang mencari ilmu yang dibutuhkan. Bukan mengoreksi diri, malah menyalahkan sistem yang ada.
(kalo yang ini saya termasuk salah satunya) 

Selanjutnya ada lagi celaan2 kayak gini, "wah.. kampus kita payah, kalo kampus yang lain itu begini begitu, sarananya lengkap dan terjamin mutu pendidikannya, sedangkan kampus kita ndak ada apa2nya, mejanya saja sudah rusak2, studionya kayak gudang barang bekas, kasihan sekali yah ...". Tapi... kenapa kita tidak pernah melihat ke dalam diri kita sendiri, model kampus tertentu itu bisa jadi mendukung kesuksesan kita nantinya, namun yang terpenting melampaui semua itu adalah kualitas diri kita sendiri, bagaimana menghasilkan kualitas diri yang baik? Bagaimana berusaha dengan tidak menyalahkan faktor2 yang berada di luar?. Jadikanlah kekurangan2 itu sebagai kelebihan buat kita untuk berusaha lebih keras dan giat dibandingkan mereka yang telah mendapatkan sarana yang baik.
Berusaha lebih keras, belajar lebih giat..
Tak ada yang tak mungkin. Semua bermula dari dalam diri kita masing2..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berpikirlah sesuka hatimu, tapi katakanlah hanya apa yang harus kau katakan :)