Hello! Myspace Comments Welcome Myspace Comments Hello! Myspace Comments Thank You Myspace Comments

Mengenai Saya

Foto saya
anak manusia yang sedang mencari kesempurnaan dibalik segala ketidaksempurnaannya

Sabtu, 26 Maret 2011

Uposatha

Saya punya satu kebiasaan yang saya jalankan seminggu sekali, sebulan jadinya 4 kali, pada hari tertentu berdasarkan kondisi bulan. Hari tertentu itu disebut dengan uposatha, biasanya pada saat bulan purnama dan bulan gelap, juga pada saat kondisi bulan setengah sempurna. Buat kamu yang buddhist mungkin ini bukan hal yang asing lagi. Tapi buat kamu yang belum tau, saya akan memberikan sedikit bocoran mengenai apa saja yang saya lakukan pada hari itu. Saya menjalankan 8sila (peraturan moral) pada hari tersebut, yaitu 1.menghindari pembunuhan makhluk hidup, 2.menghindari pengambilan barang yang tidak diberikan, 3.menghindari perbuatan tidak suci (sex), 4.menghindari ucapan bohong, 5.menghindari minuman keras dan barang madat yang menyebabkan lemahnya kesadaran, 6.menghindari makan makanan setelah tengah hari (minum diperbolehkan), 7.menghindari menari, menyanyi, bermain musik, pergi melihat pertunjukan, memakai, berhias dengan bebungaan, wewangian dan barang olesan atau kosmetik dengan tujuan untuk mempercantik tubuh (intinya menghindari kesenangan duniawi), 8.menghindari penggunaan tempat tidur dan tempat duduk yang tinggi dan besar (mewah). Yang begitulah sekilas terlihat mirip seperti puasa, dan memang ini adalah semacam puasa dalam buddhism.

Tulisan ini mungkin sangat tidak penting bagi kamu, tapi menjadi sangat penting bagi saya, karna sejujurnya telah sejak lama saya ingin mereview dan melihat kemajuan saya dalam latihan ini. Jadi dalam tulisan ini saya akan mencatat kondisi apa sajakah yang saya alami dalam latihan tersebut, misalnya saya latihannya okeee banget.. hehehe.. atau bisa jadi saya hari ini latihannya kacauuuu abisss.. oh ya sekilas info, saya telah menjalani latihan ini sejak SMA sampai sekarang, kira2 sudah sekitaran 5 tahun. Cukup lama juga ya, saya berharap dapat terus melanjutkannya sampai akhir hayat. heheehe... 


Baiklah saya akan mulai mencatat, mulai hari ini yah..

Sabtu, 26 maret 2011 yang sebenarnya dimajukan satu hari dari hari uposatha yang sesungguhnya, uposatha jatuh pada hari minggu besok. Wahhh... hari ini latihan saya kacauuuuu , amburadul dah semua ga ada yang beres.. hahahha.... Tadi bangun udah telat, makan pagi telat, keceplosan nyanyi, juga ngelirik2 TV saya siap dihukum dehhh... ampunnn.. saya janji g bakal mengulanginya lagi..., sekali lagi maafkan saya..

Sabtu, 2 april 2011... hari ini semuanya lancar2 saja.. cuma niat sama tekadnya masih harus diperkuat lagi.. semoga menjadi lebih baik dikemudian hari..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berpikirlah sesuka hatimu, tapi katakanlah hanya apa yang harus kau katakan :)